Rekan Zenith, kalian tau kenapa produk-produk dari luar negeri bisa
masuk ke Negara kita ? bahkan ke kota-kota rekan-rekan sendiri. Sebuah
perusahaan besar khususnya dari luar negeri sebenernya tidak mudah untuk
memasarkan atau bahkan menciptakan produknya bisa diterima di berbagai
negara dan kota, tetapi mereka mempunyai cara untuk mengatasi hal itu.
how they are solved this?
perusahaan
akan dinilai tidak berdasarkan kualitas fungsionalnya saja, tetapi juga
di dasarkan pada atribut psikologis yang dicerminkan oleh perusahaan
tersebut. di dalam sebuah perusahaan besar, mereka memiliki staff yang
bertugas sebagai agent of consument psikology. fungsinya adalah untuk
meneliti dan melihat "Sense" atau selera masyarakat sasaran yang akan
menjadi konsumen si perusahaan. Maksud "sense" disana adalah untuk
mengadaptasikan produk terhadap masyarakat. contohnya :
MCD
di Amerika mereka menjual sebuah produk makanan yaitu Hamburger,
tentunya dengan bahan utama yaitu daging ham. lain dengan di Indonesia,
mereka menjual dengan peroduk yang sama tetapi bahan dasarnya berbeda,
kenapa? karena Masyarakat Indonesia tidak terbiasa dengan daging ham dan
di Indonesia masih berlaku budaya agama yang kental dengan alasan ham
adalah daging haram. itulah contoh fungsi dari agent of consument
psikology. metode ini sangat bisa sekali diterapkan diberbagai
perusahaan dan tentunya dengan beragam produk juga.
Pengalaman
yang baik dari konsumen atas penggunaan produk yang dihasilkan
perusahaan akan menghasilkan persepsi yang baik terhadap citra
perusahaan tersebut, dan pada saat itulah akan terbentuk apa yang
disebut citra korporasi atau citra perusahaan.
sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Thanks for reading:
agent of consument psikology