Menurut
Studentpreneur.co Memulai bisnis online shopping di Facebook adalah salah satu bisnis
yang marak belakangan ini. Banyak akun-akun bisnis yang menawarkan
produk apa saja, mulai dari produk yang yang bersifat konsumtif hingga
yang bersifat mewah. Itu semua dapat kita temui di Facebook. Salah satu
teman saya sempat jengkel karena timeline yang ia miliki dipenuhi aneka
dagangan yang berlimpah ruah. Status-status yang bermunculan juga sangat
sering muncul, akun bisnis online ini saling berlomba menawarkan barang
dagangan. Timeline Facebook-nya seketika berubah menjadi pasar.
Berbisnis online memang tidak dilarang. Jika dilihat dari kacamata
produsen, bisnis online memang mempunyai prospek yang cerah. Selain
hanya membutuhkan modal yang relatif kecil, bisnis ini dapat dilakukan
dimana saja. Sewaktu-waktu para produsen dapat memantau usahanya. Area
pemasaran juga sangat luas, dari ujung Sumatra hingga ujung Papua,
bahkan sampai luar negeri.
Prospek bisnis online sepertinya akan menjadi salah satu alternatif
dalam bisnis yang menjanjikan. Perkembangan sosial media turut
mendongkrak calon konsumen yang potensial. Situs jejaring Facebook
misalnya, menjadi salah satu media yang potensial untuk memasarkan
produk dan jasa ke para konsumen dengan mudah. Boomingnya situs jejaring
ini, lambat laun dijadikan tempat berjualan yang strategis sekaligus
promosi gratis. Di Indonesia ini, peluang bisnis ini dapat dilakukan
oleh anak SMA bahkan ibu rumah tangga. Mudahnya mereka mendirikan bisnis
baru menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk segera mengambil
kesempatan ini. Apalagi sekarang sedang trend bisnis online.
Semakin menjamurnya bisnis online shopping mengakibatkan akun-akun
bisnis terbaur dengan akun pribadi. Seperti pengalaman teman saya tadi,
dari pagi hingga malam, para produsen tak henti-hentinya meng-update
status ke calon pelanggan. Jengkel? Memang sebagian dari kita akan
merasa jengkel dengan hal demikian. Namun, ada juga yang merasa senang
karena mendapatkan informasi produk yang ingin di cari. Sebenarnya ada
cara untuk menanggulangi hal ini. Jika pengguna Facebook merasa
terganggu dengan hadirnya promosi barang dagangan, mereka dapat dengan
mudah memblokirnya. Para pengguna Facebook seharusnya mampu mengelola
pengamanan akun-akunnya. Setidaknya, jika tidak menghendaki adanya
pengiklan yang nyelonong di timeline, kita tinggal memblokirnya.
Facebook sekiranya menjadi tempat untuk berbagi cerita ke sesama
teman dan bersilahturahmi kepada kerabat terdekat. Pengguna yang merasa
perlu mendapatkan informasi dari akun online shop harus merelakan
sedikit tempat di timeline-nya untuk dijejali promosi. Ini resiko lumrah
yang harus diterima. Di dalam dunia Facebook, akan tetap ada
lapak-lapak online shop yang mencoba mengais rejeki ke calon konsumen.
Mereka akan memanfaatkan kesempatan ini, apalagi bisnis ini sangat
prospektif untuk dijalankan. Sedangkan pengguna Facebook sebagai calon
konsumen sangat besar. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki
akun Facebook terbesar dunia, ditambah lagi sifat konsumen Indonesia
yang sangat konsumtif.
Thanks for reading:
Lapak Online Shopping di Facebook