Ketika bertemu dengan calon pelanggan, biasanya kita akan banyak
bercerita mengenai produk atau jasa kita. Ternyata, ada penelitian yang
mengejutkan tentang hal ini. Menurut Marc Wayshak, penulis buku “Game
Plan Selling”, 81% penjual akan berbicara banyak mengenai produk mereka
ke calon pelanggan. Namun kenyataannya, hal inilah yang membuat Anda
gagal menutup penjualan. Data menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan
lebih banyak penjualan dengan berbicara lebih sedikit. Mari kita simak
beberapa tips meningkatkan penjualan dengan cara berbicara lebih sedikit
berikut ini.
Berbedalah Dengan Kompetitor
Ketika calon pelanggan menganggap Anda sama saja dengan produk
kompetitor, Anda berada dalam masalah besar. Anda akan kesulitan untuk
membedakan diri dengan pesaing. Tips cara menjual sederhana adalah
ketika Anda ditanyai calon pelanggan tentang kenapa mereka harus memakai
produk Anda, cobalah jawab, “Saya tidak yakin. Saya akan bertanya
beberapa hal untuk lebih memahami kondisi Anda”. Cara ini akan
menunjukkan bahwa Anda berbeda dengan pesaing, tidak hanya bertujuan
untuk menjual barang Anda, namun juga menyelesaikan masalah pelanggan.
Pahami Tantangan dan Tujuan dari Calon Pelanggan
Kebanyakan penjual menghabiskan waktu untuk meyakinkan calon
pelanggan lebih banyak daripada waktu untuk memahami apa masalah dan
tujuan akhir calon pelanggan. Ingatlah sebuah contoh klasik penjualan,
calon pelanggan tidak menginginkan bor yang luar biasa, mereka hanya
ingin membuat lubang di dinding mereka. Jangan segan untuk menanyakan
beberapa pertanyaan untuk memahami apa masalah yang sedang dihadapi
calon pelanggan dan apa tujuan akhir mereka. Saat itu Anda akan tahu
bagaimana cara produk Anda bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah
dan membantu calon pelanggan mencapai tujuan mereka.
Buatlah Tawaran yang Masuk Akal
Jangan segan untuk bertanya pada calon pelanggan mengenai kisaran
budget mereka. Banyak sekali penjual yang gagal karena mereka tidak
bertanya budget pelanggan dan langsung saja membuat tawaran. Kalau
perlu, sesuaikan tawaran yang bisa Anda beri dengan budget yang dipunyai
oleh calon pelanggan.
Pahami Proses Pengambilan Keputusan
Jangan habiskan waktu Anda untuk meyakinkan orang yang salah. Jangan
segan untuk bertanya siapa orang-orang kunci yang akan mengambil
keputusan untuk calon pelanggan Anda. Fokuskan waktu Anda untuk
meyakinkan orang-orang kunci tersebut. Penjual pemula biasanya terlalu
berfokus untuk meyakinkan orang yang justru tidak terlibat dalam proses
keputusan pembelian, menyebabkan mereka kehilangan penjualan.
Buatlah Pendek
Habiskan 80% waktu Anda untuk melakukan langkah-langkah sebelumnya,
dan hanya 20% untuk menjual. Buatlah presentasi Anda sependek mungkin,
namun tetap fokus menjelaskan pada calon pelanggan bagaimana produk Anda
bisa menjadi solusi masalah dan membantu mereka mendapatkan tujuan yang
diinginkan. Berbicara lebih sedikit akan sangat berguna, jangan
habiskan waktu calon pelanggan Anda untuk mendengar hal-hal yang tidak
relevan dengan perusahaan mereka.
Sumber
Thanks for reading:
Tingkatkan Penjualan Dengan Berbicara Lebih Sedikit