Instagram akan menjadi Vogue,
atau merk majalah mewah lainnya, dalam dunia online. Mereka dengan
cerdas memasukkan iklan dalam busana yang digunakan oleh model, seperti
kami yang memasukkan iklan dalam sesuatu yang memang disukai pengguna.
Emily White – Direktur Operasional Instagram
Perusahaan teknologi berbentuk platform ataupun media, biasanya akan
sangat bergantung pada penghasilan iklan untuk bisa hidup. Berbagai
bentuk iklan yang jamak digunakan adalah banner website, sidebar,
ataupun iklan-iklan tradisional lainnya. Namun, mari kita belajar dari
Instagram, sebuah aplikasi photo sharing populer yang sedang berusaha
merevolusi bagaimana cara kita memasang iklan di dunia online.
Setelah diakuisisi dengan nilai sangat besar oleh facebook, hingga 1
milliar dollar, tekanan terhadap Instagram terus bertambah. Sebagai
aplikasi photo sharing terpopuler di dunia, dicintai oleh lebih dari 150
juta penggunanya, sudah waktunya Instagram menghasilkan uang. Dengan
jumlah pengguna sebesar itu, peluang beriklan di Instagram akan menarik
berbagai brand besar. Namun, Kevin Systrom, pendiri Instagram, adalah
pembenci iklan, meskipun harus berpikir bagaimana cara mendapatkan uang,
Kevin tetap ngotot tidak ingin memasang iklan secara tradisional.
“Iklan banner itu menjijikkan,” kata Kevin Systrom.
Akhirnya, beberapa hari yang lalu, Kevin Systrom dan tim Instagram
menemukan jawabannya. Merk jam tangan mewah Michael Kors menjadi
pengiklan pertama di Instagram. Namun, seperti janji Kevin, posting foto
jam tangan mewah Michael Kors sangat indah, masuk ke photo stream
pengguna Instagram di Amerika. BIasanya, foto-foto dari Michael Kors
mendapatkan sekitar 46.000 like. Namun, setelah beriklan selama 18 jam
di Instagram, foto Instagram Michael Kors di-like oleh 217.700 pengguna.
Diperkirakan, foto tersebut dilihat oleh 6,15 juta orang di seluruh
dunia, memberikan Michael Kors 33.985 follower Instagram baru.
Menurut pernyataan resmi Instagram, tujuan mereka adalah membuat
iklan yang Anda lihat di Instagram akan terasa seperti foto dan video
yang memang Anda nikmati dari brand favorit Anda. Apabila iklan dirasa
menganggu dan kurang relevan dengan stream dari pengguna, maka pengguna
bisa kapan saja mematikan iklan tersebut, sekaligus memberikan feedback
pada Instagram. Pada fase awal, Instagram juga sangat memilih brand yang
bisa beriklan di tempat mereka. Hanya brand-brand yang mempunyai konten
bagus dan cocok dengan pengguna Instagram yang diizinkan untuk memasang
iklan.
Direktur Operasional Instagram, Emily White, memberikan pernyataan
yang unik tentang strategi iklan di Instagram ini. “Instagram akan
menjadi Vogue, atau merk majalah mewah lainnya, dalam dunia online.
Mereka dengan cerdas memasukkan iklan dalam busana yang digunakan oleh
model, seperti kami yang memasukkan iklan dalam sesuatu yang memang
disukai pengguna,” ucap Emily White. Kevin Systrom menambahkan bahwa
brand-brand yang berada di Instagram sebenarnya sudah membuat konten
foto ataupun video yang sangat berkualitas, dan Instagram mampu untuk
membawanya ke pengguna yang memang mencintai brand sejenis.
sumber:studentpreneur.co
Thanks for reading:
Strategi Iklan Instagram – Anda Tidak Akan Merasa Itu Iklan